Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

Kepala SMK Negeri 1 Brondong mengatakan meski sekarang pandemi Covid-19 sudah berakhir, gerakan cuci tangan harus tetap digelorakan dilaksanakan karena ini merupakan salah satu wujud kita, sebagai bentuk penerapan Annadhofatu minal iman (kebersihan sebagian dari iman).

Hal itu disampaikan pada acara peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HTPS) sedunia 2022, Senin (17/10/2022) di halaman SMK Negeri 1 Brondong.

“Apalagi siswa-siswa, kalau mau berkegiatan, mau makan atau lainnya, cuci tangan telebih dahulu. Kami dari sekolah menyampaikan apresiasi. Terimakasih kepada bapak ibu guru dan staff TU dan adik-adik semua yang tetap semangat terus menggelorakan gerakan cuci tangan pakai sabun ini. Semoga bermanfaat, semoga kita selalu dilindungi, kita sehat selalu dan diberikan keberkahan,” kata beliau.

Sebelumnya Kepala SMK Negeri 1 Brondong  menyampaikan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun sedunia ini sebenarnya jatuh pada tanggal 15 Oktober setiap tahunnya.

Namun pada tahun ini, SMK Negeri 1 Brondong memperingatinya tanggal 17 Oktober 2022.

“Acara kampanye Cuci Pangan Pakai Sabun ini diselenggarakan kerja sama dengan PMR SMK Negeri 1 Brondong dengan mengajak total 200 anak-anak untuk berkumpul disini pagi ini dan melakukan cuci tangan secara serentak,” kata beliau.

Pihaknya berharap, dengan adanya kegiatan ini, para peserta khususnya anak-anak memahami cara mencuci tangan pakai sabun dengan baik dan benar, serta sadar betapa pentingnya mengonsumsi makanan yang bergizi

Adapun enam langkah cuci tangan yang benar yaitu, basahi tangan, gosok sabun pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.

Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian. Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih.

Kemudian, bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan. Bilas dengan air bersih dan keringkan .

 

0 Shares

adminocto

Leave a Reply

Your email address will not be published.