Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka

Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka

Pada hari Kamis 30  Juni 2022 SMK Negeri 1 Brondong mengadakan bimbingan persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka untuk jenjang SMK. Pengawas yang hadir sebagai pemateri adalah Bapak Abdul Latif, S.Pd.,M.Si dan Bapak Rasmian, S.Pd.,M.Pd. bimbingan ini juga dihadiri oleh beberapa SMK yang berada dalam 1 binaan dari bapak pengawas di atas.

Pada prinsipnya, penerapan Kurikulum Merdeka Belajar ditujukan untuk menjawab tantangan pendidikan di era industri berbasis digital.

Mengenai pemahaman dan analisis Capaian Pembelajaran (CP), rumusan Tujuan Pembelajaran (TP), dan penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), diharapkan para guru SMK mampu :

  1. Mendefinisikan capaian pembelajaran dengan redaksi bahasa sendiri;
  2. Menerangkan prinsip penyusunan CP dan bentuk kompetensi yang perlu dicapai pada fase tertentu;
  3. Menjelaskan posisi CP sebagai panduan utama dalam perancangan pembelajaran;
  4. Merekonstruksi pemahaman mengenai kompetensi yang ingin dicapai dalam suatu fase pada jenjang dan mata pelajaran;
  5. Menjabarkan enam aspek pemahaman dalam mencapai CP menurut Wiggins dan Tighe;
  6. Mengembangkan kata memahami menjadi kata kerja operasional dalam mencapai CP menurut Bloom versi Anderson;
  7. Membagi CP ke dalam per semester sesuai dengan kompetensi dan konten esensial yang ada dalam elemen CP; dan
  8. Memecah elemen CP ke dalam elemen yang lebih kecil dalam bentuk CP1, CP2, CP3, dst (jika diperlukan).

Sedangkan mengenai konsep, modifikasi, dan penyusunan modul ajar, diharapkan para guru SMK mampu :

  1. Mendefinisikan modul ajar dengan redaksi bahasa sendiri;
  2. Menjelaskan tiga komponen modul ajar dengan detail;
  3. Memilih model pembelajaran sesuai karakteristik konten pada elemen Capaian Pembelajaran (CP); dan
  4. memodifikasi modul ajar sesuai dengan tiga komponen Modul Ajar (MA) dan elemen Capaian Pembelajaran (CP).
0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *