Peresmian BKK SMK N 1 Brondong

Peresmian BKK SMK N 1 Brondong

BKK SMK merupakan salah satu komponen penting dalam mengukur keberhasilan pendidikan di SMK, karena BKK menjadi lembaga yang berperan mengoptimalkan penyaluran lulusan SMK dan sumber informasi untuk pencari kerja.
Pemberdayaan BKK SMK merupakan salah satu fungsi dalam manajemen sekolah yaitu sebagai bagian pembinaan terhadap proses pelaksanaan kegiatan BKK SMK yang telah direncanakan dalam upaya mencapai tujuan pendidikan SMK. BKK SMK merupakan salah satu komponen pelaksanaan pendidikan system ganda, karena tidak mungkin bisa dilaksanakan proses pembelajaran yang mengarah kepada kompetensi jika tidak ada pasangan industri/usaha kerja, sebagai lingkungan kerja dimana siswa belajar keahlian dan professional serta etos kerja sesuai dengan tuntutan dunia kerja.
Bursa Kerja Khusus dibentuk berdasarkan Keputusan Direktur Jendral Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja dalam Negeri No. KEP.49/D.PPTKDN/VI/2013, Tentang Petunjuk Teknis Bursa Kerja Khusus (BKK). BKK adalah Bursa Kerja di Satuan Pendidikan Menengah yang melakukan kegiatan memberikan informasi pasar kerja, pendaftaran pencari kerja, memberi penyuluhan dan bimbingan jabatan, serta penyaluran dan penempatan pencari kerja.

Pada Hari Rabu 15 November 2017, BKK SMK N 1 Brondong diresmikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kab. Lamongan dan diihadiri oleh Segenap guru karywan serta siswa SMK N 1 Brondong.

IMG_0116  IMG_0001 IMG_0013 IMG_0118 IMG_0121

Dengan diresmikannya BKK ini diharapkan dapat

  1. Memberikan pelayanan informasi ketenagakejaan kepada pelajar dan Alumni yang akan  memasuki lapangan kerja, dunia usaha dan duia industri (DU/DI).
  2. Menbina dan mengembangkan hubungan kerja sama dangan lembaga pemerintah dan  swasta, termasuk dunia usaha dan alumni dalm pengadaan iformasi tentang latihan kerja dan penyalurannya sebagai tenaga kerja.
  3. Melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan rekrutmen dan seleksi calon pekerja/ karyawan atas permintaan bantuan baik dari Disnaker/ lembaga pemerintah lain /swasta atas bimbingan Dinas Tenaga Kerja.
  4. Membina hubungan dengan alumni yang telah bekerja dan berhasil dalam bidang usaha untuk membantu membei peluang menyalurkan, menempatkan alumni baru dari almamaternya yang memerlukan pekerjaan.
  5. Membantu usaha pengembangan dan penyempurnaan program pendidikan dan memperhatikan tuntutan lapangan kerja serta meningkatkan peran tenaga pengajar dalam pembinaan karier siswa alumni.
  6. Melakukan kegiatan pengembangan SDM meliputi pengembangan Soft Skill dan Hard Skill.

Salam SMK BISA !!!!

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *