BERSAMA 100 GURU MEMBANGUN KARAKTER BANGSA

BERSAMA 100 GURU MEMBANGUN KARAKTER BANGSA

Reportase Muhammad Subkan Guru SMKN 1 Brondong Lamongan/Peserta Bimtek Pendampingan Pendidikan Karakter Bangsa Region Yogyakarta

 Gambar Bimtek

Peserta Bimtek Inovasi Pembelajaran Karbang

Pemerintah memiliki perhatian yang besar untuk selalu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Melalui Tujuan Pendidikan Nasional pemerintah mengisyaratkan bahwa di dalam proses pendidikan harus mengimplementasikan tujuan yang berorientasi pada pembentukan karakter peserta didik sesuai dengan kepribadian dan budaya bangsa. Salah satu upaya yang dilakukan adalah pengembangan pendidikan karakter bangsa dalam rangka penyiapan sumber daya yang berkualita. Pendidikan karakter bangsa telah menjadi kepedulian pemerintah dan menjadi salah satu program Renstra Kemendikbud periode 2015-2019.

Terkait dengan hal tersebut, bertempat di Hotel Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), telah diadakan kegiatan Bimbingan Teknis Pendampingan Pendidikan Karakter Jenjang Pendidikan Menengah oleh Dirjen GTK Kemendikbud. Kegiatan ini berlangsung dari hari Senin – Rabu, tanggal 10 – 12 Mei 2016.

Diikuti 100 peserta dari 9 provinsi dan dibuka oleh Drs. Anas M. Adam, M.Pd., Direktur Pembinaan Guru Dikmen didampingi Penanggung Jawab Kegiatan Bpk. Romi Siswanto Hamzah, M.Pd. Di hadapan peserta Bpk. Anas tak bisa menutupi rasa bangganya, karena bisa hadir di tengah-tengah guru Inovatif dalam bidang Karakter Bangsa. “Guru mulia karena karya, prestasi itu penting namun teladan jauh lebih penting” berikut adalah penggalan sambutan pak Romi selaku penanggung jawab yang diaplaus oleh seluruh peserta yang hadir.

Setelah kegiatan ini, lanjut Pak Romi, peserta akan mendapat bimbingan dari narasumber, yaitu Prof. Suyanto, Dr. Cepi Abdul Djabar, Dr.Cepi Triatna, M.Pd. dan para pemerhati Pendidikan Karakter Bangsa di Indonesia. Materi yang disampaikan antara lain Penguatan Pendidikan Karakter, Mencegah Bahaya Napza, Konsep Penguatan Pendidikan Karakter, Inovasi Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa di Sekolah, Strategi Implementasinya dan Penyusunan Rencana Tindak Lanjut (RTL) dan Laporan serta diakhiri dengan Klinis RTL oleh masing-masing pembimbing.

Nantinya 200 karya terbaik dari region Jakarta dan Yogyakarta akan dibuatkan bunga rampai dan disalurkan ke seluruh sekolah di Indonesia. Dan 100 karya terbaik  akan diundang ke Jakarta untuk mempresentasikan sekaligus mendiseminasikan laporan penelitiannya. Setelah itu baru dipilih tiga laporan terbaik untuk SMA dan SMK.

Tahap pertama Bimtek digelar di Jakarta (03-05/5/2017) juga diikuti 100 peserta dari 24 provinsi. Untuk mengikuti kegiatan ini peserta terlebih dahulu harus mengajukan action plan Inovasi Pembelajaran Pendidikan Karakter Bangsa melalui laman kesharlindungdikmen.id dan dinyatakan terpilih untuk dikembangkan lebih lanjut di sekolah masing-masing, dan yang terbaik akan dipilih sebagai pemenang Lomba Inovasi Pembelajaran Karakter Bangsa Tingkat Nasionalacton plan inovasi Pendidikan Karakter Bangsa

Melalui sosialisasi yang luar biasa laman Kesharlindung Dikmen ini lomba Inovasi Pembelajaran Karakter Bangsa (Karbang) tahun ini mengalami peningkatan luar biasa. Terdapat hamper 2.400 pendaftar yang terjaring 1.454 orang dan 732 di antaranya dinyatakan lolos administrasi lomba Inovasi Karbang. Setelah dilakukan penilaian diperoleh 200 action plan terbaik dari seluruh Indonesia.

Sebagai gambaran tahun lalu pendaftar kurang lebih 450 orang yang kemudian dipilih 300 peserta untuk mendapatkan bimtek di tiga region, Jakarta, Yogyakarta dan Makassar.

Setelah para peserta membuat/merevisi action plan pendidikan karakter bangsa, Bimtek Karbang akhirnya ditutup tepat pada hari rabu, 10 Mei 2017 pukul 11.00 WIB oleh penanggug jawab kegiatan. Pada pidato penutupannya beliau berpesan agar action plan ini harus mampu dilaksanakan di sekolah masing-masing dan dilaporkan progressnya setiap bulan sejak bulan Mei sampai September melalui karbang@gmail.com. Beliau bertanya “Apakah Bapak/Ibu siaaap?” dan dijawab secara kompak oleh perserta “siaaaap.”

 

0 Shares

One thought on “BERSAMA 100 GURU MEMBANGUN KARAKTER BANGSA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *