Reportase Perpisahan SMKN 1 Brondong 2017

Jpeg
Panggung Utama
Jpeg
Prosesi Wisuda
Jpeg
Tamu Undangan
Jpeg
Siswa-siswi Berprestasi
Jpeg
Penampilan Seni Qosidah
Jpeg
Fashion Show
Jpeg
Seni Bela Diri Silat
Jpeg
Tarian Nusantara

 

SAYONARA ANAKKU

 

Sayonara…..sayonara….. selamat tinggal wahai kakak ku…..

Sayonara…..sayonara….. selamat tinggal wahai kawanku semua….

Sayonara…..sayonara….. selamat tinggal wahai guru ku tercinta…..

Itu adalah penggalan syair lagu yang bergema di Samudra Hall WBL Resort Hotel sepanjang prosesi wisuda siswa kelas XII SMK Negeri1 Brondong  di Samudra Hall  WBL Resort Hotel pada hari Sabtu, 6 Mei 2017. Walau acara perpisahan ini baru pertama kali diadakan di luar sekolah tapi tidak mengurangi kekhidmatan acara tersebut.

Lebih dari 500 undangan terbawa suasana haru  dalam acara akhir pelepasan siswa kelas XII ini. Sebagian Siswa-siswa, orang tua, dan Bapak/ibu Dewan Guru sempat ada yang menetaskan air mata dikala anak-anak naik ke atas panggung wisuda yang diiringi dengan lagu terima kasihku yang dibawakan oleh Paduan Suara SMK Negeri 1 Brondong.

Prosesi acara dimulai pukul 08.00 WIB dengan didahului oleh penampilan ekstrakurikuler dari siswa siswi SMKN 1 Brondong. Atraksi pertunjukan siswa-siswi mulai dari Seni Hadroh, Seni Tari, Fashion Show dan lain sebagainya. Setelah pra acara selesai, 2 MC cantik dari siswa-siswi kelas XI naik ke atas panggung yang menandakan acara inti dimulai dengan menggunakan bilingual (Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia) keduanya memandu acara dengan ciamik.

Dengan ucapan Bismillahirrohmanirrohiim, acara intipun dimulai. Gema Lagu Indonesia Raya dan Mars SMK Negeri 1 Brondong semakin membawa haru acara ini. Kemudian secara berurutan diikuti dengan pembacaan kalam Ilahi, sambutan ketua panitia, sambutan kepala Sekolah, sambutan siswa, Orasi Ilmiah dan diakhiri dengan doa.

Sambutan pertama oleh ketua panitia dalam hal ini disampaikan oleh Bapak Muslih, M.Pd. Dalam sambutannya, Bapak Muslih, S.Pd. menyebutkan bahwa dalam sejarah SMK Negeri 1 Brondong baru tahun ini SMK Negeri 1 Brondong gratis biaya apapun dan dalam kepemimpinan Bapak Suwardi perpisahan dilaksanakan di luar sekolah. Dengan digelarnya acara di WBL Resort Hotel dan pertama kalinya, ini menunjukan eksistensi SMK Negeri 1 Brondong saat ini sedang menata lebih baik. Mudahan-mudahan membawa SMK Negeri1 Brondong ke depan bisa lebih baik dan maju. SMK Bisa………, SMK Bisa……., SMK Negeri 1 Brondong……….Luar Biasa.” Sambutan ini mendapatkan aplaus meriah dari seluruh undangan yang hadir. Di akhir sambutannya, bapak ketua berpesan untuk semua wisudawan menghayati tema acara ini yaitu “Teruslah Belajar Berkarya Untuk Menggapai Asa.”

Tepat pada pukul 09.45 WIB proses wisuda angkatan XI dimulai dengan diawali oleh laporan kepada pimpinan sekolah dan dilanjutkan kata-kata pembukaan oleh Bapak Suwardi, S.Pd., M.Pd. selaku kepala SMK Negeri 1 Brondong, pembacaan SK Kelulusan oleh Waka Kurikulum Bapak Zainal Arifin, S.Pd., M.Si. Sejumlah 122 lulusan tahun ini diwisuda oleh Bapak Kepala Sekolah. Jumlah itu terdiri dari Teknik Pemesinan sebanyak 32 siswa, Teknik Kendaraan Ringan 30 siswa, Teknik Komputer dan Jaringan 33 siswa, Multimedia 19 siswa dan selebihnya dari Jurusan Busana Butik. Dan mendapatkan kenang-kenangan dari sekolah yang diserahkan langsung oleh Bapak Sutarji, S.Pd., M.Pd. didampingi oleh seluruh civitas akademika SMK Negeri 1 Brondong.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan nama-nama wisudawan wisudawati oleh Ibu Siti Nur Istianingsih dan Bapak A. Novin Budi Rossanady secara bergantian. Nama wisudawan wisudawati dimulai dari nomor urut 1 a.n. Abdul Rohim s.d. 122 naik ke atas panggung untuk menerima Ijasah sebagai tanda telah tamat dari SMK Negeri 1 Brondong dan diiringi lagu “Terima Kasih Guruku” dan “Sayonara”  serta selingan puisi “Guruku Pelitaku”

Dalam sambutan resminya kepala sekolah berpesan kepada seluruh wisudawan dan wisudwati untuk tidak berhenti belajar dan berusaha jangan puas dengan apa yang diperoleh sekarang ini. Selanjutnya beliau menyatakan SMKN 1 Brondong tidak hanya memberikan janji tapi bukti. Terbukti setelah sekian lama kegiatan ekstra vakum sekarang bangkit dan banyak membawa prestasi, pembenahan sarana dan prasarana dilakukan secara bertahap. Sambutan diakhiri dengan penyerahan kembali tanggung jawab mendidik anak-anak kepada orang tua wali murid.

Setelah itu undangan dimanjakan dengan pertunjukan Seni Bela Diri Pencak Silat, Sendra Tari dan Teater Drama. Seni tari menampilkan Tari Nusantara yang menggabung tari-tarian dari Sabang sampai Merauke. Seni drama dengan tema kehidupana masyarakat judul dikemas dengan sangat baik dan luar biasa. Semuanya merupakan hasil binaan kegiatan ekstrakurikuler dalam kurun waktu 9 bulan.

Acara selanjutnya adalah Orasi Ilmiah. Dalam orasi ilmiahnya, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Lamongan, Bapak Sun’ah, S.Pd., M.MPd. menyampaikan bahwa Kabupaten Lamongan telah mencapai hasil yang luar biasa dalam pelaksanaan UNBK baik dari hasil dan integritas kejujurannya. Selain itu, beliau juga berpesan kepada para wisudawan untuk tetap berkarya dan tidak puas dengan hasil yang diperoleh sekarang. Mereka harus siap kerja karena saat ini di Kabupaten Lamongan telah banyak dibangun pabrik-pabrik industri. Di akhiri pidatonya, beliau juga menghimbau agar para lulusan tidak lupa dengan almamaternya yaitu SMK Negeri 1 Brondong.

Sebelum acara ditutup Bapak Kepala SMK Ngeri 1 Brondong memberikan penghargaan untuk lulusan terbaik dari masing-masing jurusan dan lulusan terbaik untuk Tahun Pelajaran 2016/2017. Ilfi Nurdiana, siswa Jurusan Multimedia berhasil menjadi lulusan terbaik untuk wisuda Angkatan XI dengan mendapatkan nilai akumulasi UNBK tertinggi.

Acara pun ditutup pada pukul 14.30 WIB dan ditandai dengan foto bersama para wisudawan dengan kepala sekolah, wali kelas dan seluruh pendidik serta tenaga kependidikan SMKN 1 Brondong.  Suasana akhir ini pun semakin menambah keharuan Samudera Hall WBL Resort Hotel, banyak siswa yang meneteskan air mata setelah mereka ingat akan semua kesalahan yang pernah dilakukan selama belajar di SMK Negeri 1 Brondong. Waktu yang singkat tapi sangat berkesan bagi mereka. Pada tahun ini pula SMK Negeri 1 Brondong berevolusi untuk menjadi lebih baik.

Selamat jalan anak-anak ku semua semoga ilmu kalian bermanfaat, teruslah belajar berkarya untuk menggapai asa. Sayonara anak ku jangan lupa dengan almamater. Bravo SMK Negeri 1 Brondong!

 

 

173 Shares

15 thoughts on “Reportase Perpisahan SMKN 1 Brondong 2017

  1. Selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati, semoga ini merupakan awal kesuksesan Anda semua

  2. Siip. Ini namanya bukan selangkah lebih maju tapi bisa dikatakan 5 langkah lebih maju. Bravo smkn1 brondong

  3. Tiada kalimat yg paling tepat untuk mengungkapkan kemajuan SMKN 1 Brondong, selain kalimat,”SMKN 1 Brondong memang LUAR BIASA….”

  4. Artikel yang sangat bagus …
    Ulasan informasi yang disampaikan sangat bermanfaat …
    Ditunggu artikel selanjutnya ….
    Terimakasih informasinya …
    Salam kenal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *