Perkemahan Ujian Kenaikan Tingkat Penegak Bantara SMK N 1 Brondong

Perkemahan Ujian Kenaikan Tingkat Penegak Bantara SMK N 1 Brondong

Pada Hari Jumat 27 Januari 2017 dilaksanakan Perkemahan Ujian Kenaikan Tingkat Penegak Bantara bertempat di halaman SMK N 1 Brondong.Bantara merupakan kenaikan tingkat yang dilakukan oleh para Pramuka Penegak. Acara bantara dilakukan setelah melakukan ujian SKU (syarat Kecakapan Khusus). Sedangkan SKU sendiri terdiri dari banyak macam keahlian yang harus dipenuhi oleh Pramuka penegak.

Acara Bantara bisa dilakukan dengan melakukan perkemahan 3 hari 2 malam di alam luar. Hal itu bertujuan untuk melatih para Pramuka Penegak agar bisa beradaptasi dan memberikan pengalaman hidup di alam luar yang jauh dari perkampungan.  Dalam perkemahan tersebut tidak hanya berdiam diri saja, akan tetapi ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam acara perkemahan tersebut

IMG-20170127-WA0005

Pembina Pramuka SMK N 1 Brondong Bp. Yakup M  menjelaskan tujuan diadakannya latihan kepemimpinan bagi para calon Penegak Bantara, adalah mencetak pemimpin di kalangan gugus depan SMK N 1 Brondong untuk meneruskan estafet kepemimpian. “Agar para siswa lebih mumpuni, lebih tangguh dan lebih cekatan, serta memiliki tanggung jawab,” ujarnya.

IMG-20170127-WA0010
Lebih lanjut dikatakan Nurochim, untuk mencapai tingkat Penegak Bantara, calon harus memenuhi syarat-syarat, diantaranya rajin dan aktif mengikuti latihan Ambalan Penegak, telah mempelajari dan menyetujui Anggaran Dasar Gerakan Pramuka, Mengerti dan bersungguh-sungguh mengamalkan Dasadharma dan Trisatya dalam kehidupannya sehari-hari, dapat memberi salam Pramuka dan tahu maksud dan penggunannya serta lainnya.

IMG-20170127-WA0012Senada dengan Waka Kesiswaan Bp Muslih,  untuk menjadi Penegak Bantara harus tahu arti lambang Negara Republik Indonesia, bisa berbahasa Indonesia di waktu mengikuti pertemuan-pertemuan Penegak, tahu arti dan sejarah Sumpah Pemuda, tahu perjuangan bangsa Indonesia dan rencana pembangunan pemerintah.

Selamat dan Sukses Untuk Penegak SMK N 1 Brondong..

0 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *